Jika membaca tulisan Haris Azhar yang berjudul “ Cerita Busuk dari seorang Bandit: Kesaksian bertemu Freddy Budiman di Lapas Nusakambangan ”, jadi terbayang seperti menonton film-film mafioso di bioskop. Kenapa? Dalam jaringan narkoba yang dikendalikan Freddy…
Continue ReadingKesaksian Bertemu Freddy Budiman di Lapas Nusakambangan
Freddy Budiman tampaknya pernah mengungkap "kebusukan bandit" di lingkaran hukum Indonesia kepada Haris Azhar. Kebusukan yang pernah diungkap Freddy Budiman tersebut, beredar luas di media sosial dalam tulisan berjudul "Cerita Busuk dari seoran…
Continue ReadingSejarah Masjid Baiturrahman Aceh
Masjid Baiturrahman Aceh menyimpan banyak sejarah perjuangan. Pada masa kolonial Belanda, masjid terbesar di Aceh itu sering menjadi medan pertempuran antara rakyat Aceh dengan Belanda. Dampaknya, bangunan masjid sering rusak dan pernah rata dengan tanah . …
Continue ReadingKereta Api Jakarta-Surabaya Tempo Doeloe
Perusahaan kereta api negara masa kolonial Belanda, Staatspoorwegen (SS), sudah menyediakan sarana transportasi kereta api jurusan Batavia dan Soerabaja mulai tahun 1894. Jasa angkutan kereta ini untuk melayani para pengusaha terutama orang-orang Eropa. Wala…
Continue ReadingLokomotif Kereta Api Cepat Tempo Doeloe
Staatsspoorwegen (SS) merupakan perusahaan kereta api negara yang mulai berupaya mempercepat waktu tempuh kereta apai, terutama rute Soerabaja-Batavia. Selain membangun jalur baru Kroja – Cheribon mulai 1908, SS juga memesan lokomotif uap cepat generasi aw…
Continue ReadingJalan Rel Kereta Api Pertama di Indonesia
Pada 1862 Pemerintah Belanda menerbitkan konsesi kepada Nederlandsch-Indische Spoorweg-Mattschapij (NIS). Pada Jumat 7 Juni 1864 Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J.W. Baron Sloet van de Beele melakukan upacara pencangkulan pertama pembangunan jalan k…
Continue ReadingJalan Rel Kereta dan Politik Anggaraan Hindia Belanda
Perkembangan sistem transportasi termasuk kereta api dan jalan rel kereta api, tidak lepas dari perkembangan sosial politik ekonomi Hindia Belanda, terutama di Jawa, yang didorong oleh kekuatan modal swasta. Jauh sebelum diberlakukannya Undang-Undang (UU) Ag…
Continue ReadingKonsesni Pengembangan Jalur Kereta Api Era Kolonial Belanda
Jalan Kereta Api pertama di Indonesia dibangun di wilayah Jawa bagian tengah, yaitu dari Semarang melewati Tanggung, Kedung Jati, Gundih, Surakarta, dan Yogyakarta. Pada pertengahan abad ke 18 di daerah Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta --yang dik…
Continue ReadingLembaga Perintis Kereta Api di Indonesia
Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) adalah perusahaan swasta yang pertama kali memperkenal kereta api di Indonesia (Hindia Belanda) pada era kolonial Belanda, tahun 1864. Kala itu, NIS membangun jalur kereta api pertama ( yakni Kemijen-Tanggung, …
Continue ReadingKereta Api Semarang Tempo Doeloe
Dalam catatan sejarah, Semarang menjadi daerah pertama yang dipakai sebagai lokasi pembangunan jalur kereta api di Indonesia. Lembaga yang dipercaya sebagai pengelola jasa transportasi pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda lalu, cukup beragam. Salah satunya…
Continue Reading